Upaya Membangun Kebersamaan Dengan Kemerdekaan Cinta

11 August, 2016

Leave a comment

Acara yang berlangsung di Pendopo Wakil Bupati, Jl. Angkatan 45 Wonosobo, ini mengambil tema “Kemerdekaan Maiyah, Kemerdekaan Cinta”.

Ustaz Zubair, salah satu pembicara dalam diskusi budaya ini menegaskan maksud kemerdekaan yang terdapat dalam tema diskusi sebagai kemerdekaan yang sesungguhnya, yaitu kemerdekaan di jalan Allah.

“Yang dimaksud merdeka adalah tidak tergantung kepada apapun selain kepada Allah SWT,” kata Zubair.

Gus Blero, budayawan Wonosobo, yang menjadi pembicara lain pada diskusi budaya tersebut juga menjelaskan bahwa maksud dari kemerdekaan di sini bukanlah kemerdekaan yang tanpa batasan-batasan tertentu. Namun demikian, tatkala kata “kemerdekaan” diikuti dengan kata “cinta” sehingga menjadi “kemerdekaan cinta”, seperti tema pembahasan, maka harus dimaknai sebagai manifestasi cinta yang tak dibatasi sekat apapun.

“Kemerdekaan cinta adalah sebuah manifestasi cinta yang tidak dibatasi oleh sekat-sekat tertentu, baik itu perbedaan akan sebuah pemahaman atau bahkan perbedaan yang disebabkan sebuah batas teritorial maupun sebab-sebab yang lainnya,” jelas Gus Blero. (Malik Az/Yudhi)

Related posts:


Salat berjamaahSambut Gerhana Matahari Total Warga Pontianak Gelar Salat Kusuf


Strategi-Walisongo-Sebarkan-Islam-NusantaraStrategi Walisongo Sebarkan Islam Nusantara


Exif_JPEG_420Didik Anak Dengan Suri Tauladan


www.nu.or.idDeklarasi Nahdlatul Ulama untuk Dunia

About admin