Tips Sehat menurut Imam Ali

Hal-hal sederhana yang sebenarnya penting bagi kesehatan tubuh manusia seringkali justru diabaikan, seperti pola makan dan tidur. Terkait hal ini, Imam Ali bin Abi Thalib berkata pada  putranya, “Wahai Hasan! Jangan makan sebelum engkau lapar dan berhentilah sebelum kenyang. Kunyahlah makanan dengan baik. Lalu setiap engkau merasakan kantuk maka pergilah ke tempat tidur. Seandainya engkau mengamalkan ini semua maka engkau tidak akan membutuhkan seorang Tabib.” (Al-Khishol, jilid.1, hal.335 )

Dari hadis tersebut Imam Ali memberikan contoh sederhana tentang pola hidup sehat. Empat hal yang jika diterapkan dalam kehidupan sehari-hari maka akan terjamin kesehatannya, yakni:

  1. Tidak makan sebelum lapar.
  2. Berhenti makan sebelum kenyang.
  3. Mengunyah makanan dengan baik.
  4. Dan tidur ketika merasa kantuk.

Apa yang diajarkan Imam Ali tentu tidak lepas dari tuntunan Rasulullah Saw. Dalam sebuah hadis Rasul Saw bersabda, “Aku adalah kota ilmu dan Ali adalah gerbangnya. Barangsiapa yang ingin mendatangi kota ilmu maka harus melewati gerbangnya.” (Tuhaful ‘Uqul, hal.430). Dan apa yang dituntunkan Rasulullah tak lepas dari wahyu Allah Swt:

(4)وَ ما يَنْطِقُ عَنِ الْهَوى‏ (3) إِنْ هُوَ إِلاَّ وَحْيٌ يُوحى‏

“Dan tiadalah yang diucapkannya itu menurut kemauan hawa nafsunya. Ucapannya itu tiada lain hanyalah wahyu yang diwahyukan (kepadanya).” (QS. An-Najm, ayat 3-4).

(Sutia/MZ)

Related posts:

imam_reza_birthday 1Biografi Singkat Imam Ali Ar-Ridha DPPPPHidup dan Mati menurut Imam Ali 49db9395-424c-4ca0-9c46-33f672fe7fcaKisah Imam Ali Zainal Abidin a.s.: Roti Kering dan Mutiara Ahlulbait Indonesia 47Nasihat bagi Pengendara

About admin