Tari Geol 1000 Siswi SD Marakkan Hari Jadi Banjarnegara

23 August, 2016

Leave a comment

Bertempat di jalan samping alun-alun Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, sebanyak 1000 siswi SD se-Kabupaten Banjarnegara, bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun Kabupaten Banjarnegara yang ke-185, Senin (22/8) bersama-sama menarikan Tari Geol khas Banjarnegara. Ke-1000 siswi SD itu berasal dari 20 kecamatan yang masing-masing mengirimkan 50 penari untuk turut serta menampilkan tarian khas Banjarnegara tersebut. Hal ini sebagaimana yang disampaikan oleh Azis Purwanto sebagai Ketua Panitia.

“Setiap kecamatan mengirim 50 penari, jadi kalau sejumlah 20 kecamatan di Banjarneara ini maka semuanya ada 1000 penari,” ungkap-nya.

Azis menjelaskan bahwa Tari Geol adalah tari khas Kabupaten Banjarnegegara yang diciptakan para pelaku seni di Banjarnegara pada tahun 2002. Tarian ini mempunyai ciri khas dalam unsur gerak yang dinamis dan tematik karena menggambarkan tradisi dan budaya yang ada di Kabupaten Banjarnegara.

Menurutnya, tahun lalu Kabupaten Banjarnegara juga menggelar tari massal dengan 1000 penari tetapi dengan tarian yang berbeda yaitu Tari Aplang. Namun demikian, baik Tari Geol maupun Tari Aplang, keduanya adalah hasil kreativitas para pelaku seni di Banjarnegara.

Selanjutnya Azis juga menuturkan bahwa terselenggaranya tari massal tersebut adalah berkat inisiatif Pemerintah Daerah Kabupaten Banjarnegara yang menugaskan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Banjarnegara dan dikoordinasi oleh Badan Kepegawaian Daerah Banjarnegara.

Kegiatan tari massal itu bertujuan lebih memperkenalkan tarian khas Banjarnegara kepada masyarakat umum sekaligus untuk memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Banjarnegara. (Faisal A/Yudhi)

Related posts:


Laporan-pernyataan-sikap-di-jejaring-sosial-DPD-Tanah-BumbuKlarifikasi Atas Akun Palsu Pencatut Nama DPD ABI Tanah Bumbu


Melawan KezalimanSpirit Idulfitri: Eratkan Ukhuwah, Melawan Kezaliman


Peringatan Milad Imam Ali Ridho di SemarangJadilah Pioner Kerukunan dan Penebar Kebahagiaan


doa-Pengugsi-Muslim-Syiah-Sampang-untuk-Korban-Banjir-SampangDoa Pengungsi Muslim Syiah Sampang Untuk Korban Banjir Sampang

About admin