asyura1

Tahun Baru Hijriah 1436

asyura1Tgl 25 Oktober 2014 adalah hari pertama dari tahun baru Hijriah 1436 H.

Berbagai macam cara orang-orang Islam menyambutnya. Ada yang memeriahkannya dengan bergembira ria. Ada juga yang sebaliknya, awal dari hari duka. Dan, fakta yang tak bisa diinkari bahwa mayoritas kaum muslimin tidak perduli dengannya.

Ahlul Bait menyambut bulan Muharram dengan kesedihan dan duka. Dan itu tergambar dari warna-warna hitam yang menjadi pakaian setengah resmi para syiahnya. Hal itu karena pada bulan ini, persisnya pada tanggal 10 Muharram tahun 61 H putra-putra Islam terbaik telah gugur di jalan Allah SWT.

Mereka adalah para pahlawan Islam yang abadi yang telah menyelamatkan misi besar Rasulullah saw dari penyelewengan dan pemutarbalikan yang telah dilakukan oleh para penguasa yang zalim. Para pahlawan sejati itu dipimpin oleh cucu Rasulullah saw tercinta yakni al-Imam al-Husain as.

Husain as telah gugur bersama belasan keluarganya dan 72 para sahabatnya di sebuah tempat yang bernama Karbala pada tanggal 10 Muharram 61 H.

Kesyahidan Husain ternyata berbuah menjada bara api yang terus membakar semangat juang hati-hati orang yang beriman selamanya. Bara itu tidak akan pernah padam selama-lamanya.

Kullu yaumin ‘Asyuro

Kullu ardhin Karbala

About admin