Sahabat Ombudsman Latih Warga Lebih Peduli Pengawasan Pelayanan Publik

Sebagai wujud kepedulian terhadap masyarakat, Lembaga Pendidikan, Pelatihan dan Research Widya Wiwara Kaliwiro Wonosobo bekerjasama dengan Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta mengadakan Pelatihan Pelayanan Pengawasan Publik Berbasis Komunitas pada Selasa (5/4).

Pelatihan bertempat di pendopo Kecamatan Kalikajar Wonosobo ini diikuti 22 peserta dari 25 undangan yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat di Kecamatan Kalikajar.

“Ini cukup membuktikan jika masih ada sebagian masyarakat di Kalikajar ini yang memiliki kepedulian sosial yang tinggi,” puji Teguh Sadono selaku Ketua Panitia yang sekaligus Ketua Lembaga Pendidikan, Pelatihan dan Research Widya Wiwara Kaliwiro Wonosobo.

Tentang pelatihan ini, Teguh Sadono menegaskan bahwa tujuannya semata-mata untuk pemberdayaan masyarakat Kalikajar agar turut serta dalam pengawasan mandiri terhadap pelayanan-pelayanan publik khususnya untuk daerah mereka sendiri.

“Misalkan berkaitan dengan pengurusan Akte Kelahiran. Kita sudah sama mengetahui bahwa dalam hal ini tidak ada biaya pengurusan alias gratis. Maka di sinilah peran serta masyarakat sangat dibutuhkan untuk melakukan pengawasan,” jelas Teguh.

“Dan ketika terjadi penyimpangan, maka dalam hal ini kami sebagai ‘Sahabat Ombudsman’ akan melaporkannya ke Lembaga Ombudsman Daerah Istimewa Yogyakarta (LODIY) yang saat ini merupakan mitra kerja kami, Sahabat Ombudsman Wonosobo,” tegasnya. (Malik Az/Yudhi)

Related posts:


clockJK: Indonesia Butuh 100 Mobil Donor Darah


foto 1Satu Truk Bantuan Untuk Korban Banjir Manado


Indojalito PeduliIndojalito Peduli: Safari Penyelamatan Moral Remaja di Ranah Minang


Rayakan KemerdekaanRayakan Kemerdekaan Hingga Akhir Agustus

About admin