Rembuk Nasional: Membangun Pendidikan Indonesia Berkualitas

Rembuk Nasional 2 Tahun Masa Pemerintahan Jokowi-JK yang mengambil tema “Bergegas Membangun Indonesia” berlangsung dari pukul 14.00-17.00 WIB di Grand Sahid Jaya Hotel Jakarta, Senin (24/10).

Acara diskusi ini dibagi menjadi 7 ruang rembuk, dengan tema diskusi berbeda-beda. Salah satunya, ruang rembuk 4 yang mengambil tema diskusi Pembangunan Manusia Pendidikan Vokasi yang dihadiri 100 orang.

Turut hadir Rhenald Kasali sebagai Ketua Diskusi dan Ipang Wahid sebagai Wakil Ketua. Ada juga tim ahli terdiri dari Larasati Sedyaningsih, Taufan Rahmadim dan Helga Kumontoy yang sekaligus bertindak sebagai moderator.

Ada beberapa poin yang dibahas dalam diskusi yaitu; perubahan pradigma dalam pembangunan manusia, mengikutsertakan dunia industri dalam pengembangan Kurikulum Vokasi, meningkatkan jumlah guru keterampilan pada sekolah-sekolah vokasi, memperkuat akses masyarakat kurang mampu pada instuisi pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar, dan yang terakhir peran pegiat-pegiat sosial dalam bidang pendidikan untuk memberi akses pada kelompok kurang mampu.

Lebih dari 20 orang menyampaikan tanggapan mengenai poin-poin yang didiskusikan. Di antaranya, peran media untuk membantu membangun Indonesia yang berkarakter. Artinya, media memang sangat diperlukan dalam pengembangan vokasi.

“Vokasi itu bukan sekadar vokasi kejuruan yang tujuannya semata-mata berhubungan dengan industri tapi mesti dibangun pula vokasi budaya dan seni,” ujar Helga Kumontoy.

Namun dari semua pembahasan tersebut, yang terpenting dan tak boleh dilupakan adalah soal integritas yang tinggi untuk mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Karena setiap orang yang berintegritas berarti memiliki pribadi yang jujur dan memiliki karakter kuat untuk membangun bangsa Indonesia agar lebih maju. (Zainuddin/Yudhi)

Related posts:

BHACAGiri Suprapdiono: Nasionalisme Cegah Korupsi Bencana Longsor Bukit TelagaleleKepemimpinan Kearifan Lokal Kunci Sukses Tanggap Bencana KorupsiKampanye Anti Korupsi Untuk Anak Lebaran Syiah Sampang di Pengungsian RusunawaPengungsi Syiah Sampang Shalat Ied Bersama Warga Sekitar Rusun

About admin