Presiden Jokowi Kembali Ingatkan Pentingnya Menjaga Persatuan

Presiden Jokowi kembali mengingatkan tentang keberagaman dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan pentingnya menjaga persatuan negara. Hal itu diungkapkan saat melakukan kunjungan ke Jember, (12/8).

Dua hal yang ditekankan Presiden. Pertama, tentang merawat keberagaman NKRI dan kedua tentang pentingnya menjaga persatuan.

Presiden menerangkan, setidaknya Indonesia terdiri dari 250 juta penduduk, menempati urutan ke-4 di dunia. Memiliki 17.000 pulau dari Sabang sampai Merauke dari Miangas sampai Pulau Rote. Memiliki 516 kabupaten dan kota, 34 provinsi, 714 suku yang berbeda-beda, dan 1.100 lebih bahasa lokal.

“Inilah negara kita Indonesia yang harus kita jaga dan kita rawat karena kita ini berbeda-beda, kita ini beragam, kita ini majemuk. Berbeda agama, berbeda suku; hidup di pulau-pulau yang beda. Kalau kita tidak bersatu, kalau kita tidak rukun, ini yang berbahaya,” tutur Presiden.

Presiden juga mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara besar. Negara dengan penduduk Muslim terbesar di dunia.

“Sebab itu, sangat penting untuk membangun ukhuwah Islamiyyah, membangun ukhuwah wathoniyah, dan yang lebih besar lagi membangun ukhuwah basariyah kita,” paparnya. (AM)

Related posts:

C2dKNLxUAAAkudKPilkada Serentak, Jokowi Tetapkan 15 Februari Jadi Hari Libur Nasional DBNxXzEV0AAfWNsPresiden Jokowi: Pemerintah Pasti Tegas Terhadap Organisasi dan Gerakan Anti Pancasila Alasan Harapan Besar Ke Jokowi-JKDua Alasan ICRP Menaruh Harapan Ke Jokowi Jalaluddin Rakhmat (kanan)Diskusi Budaya: Revolusi Mental

About admin