Pilkada Serentak, Jokowi Tetapkan 15 Februari Jadi Hari Libur Nasional

Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah menetapkan tanggal 15 Februari 2017 sebagai Hari Libur Nasional, berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 3 Tahun 2017. Keputusan ini ditetapkan dalam rangka menyukseskan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

Keppres yang ditandatangani Jokowi 10 Februari 2017 ini didasari pertimbangan untuk memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara untuk menggunakan hak pilihnya. Selain itu, Pasal 84 ayat (3) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Penetapan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota menjadi Undang-Undang sebagaimana telah diubah beberapa kali dan terakhir diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016, mengamanatkan  bahwa pemungutan suara dilakukan pada hari libur atau hari yang diliburkan.

 

Sebagai tambahan   informasi, pada tanggal 15 Februari 2017 nanti, di Indonesia akan dilaksanakan Pilkada serentak di 101 daerah, yang terdiri atas 7 Provinsi, 76 Kabupaten, dan 18 Kota. Ketujuh Provinsi tersebut yaitu Aceh, Bangka Belitung, DKI Jakarta, Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, dan Papua Barat.

Dengan demikian, pada tanggal 15 Februari 2017 nanti masyarakat Indonesia akan menikmati Hari Libur Nasional, untuk menyukseskan Pilkada serentak. (AM)

 

Related posts:

Serikat Jurnalis Untuk Keberagamaan (SEJUK)Menimbang Nasib Pengungsi Syiah Sampang Pasca Pilpres Alasan Harapan Besar Ke Jokowi-JKDua Alasan ICRP Menaruh Harapan Ke Jokowi Jalaluddin Rakhmat (kanan)Diskusi Budaya: Revolusi Mental Lebaran Syiah Sampang di Pengungsian RusunawaPengungsi Syiah Sampang Shalat Ied Bersama Warga Sekitar Rusun

About admin