Peserta Pelatihan SAR ABI Perbaiki Pemandian Mata Air ‘Uwe Manggubine’

Palu – Para peserta pelatihan SAR (Search and Rescue) ABI Rescue pada Rabu (5/2/2019) merampungkan penataan mata atmosphere dan pembangunan kamar mandi untuk warga di dusun Talise, kelurahan Panau Kecamatan Tawaili Palu. Mata atmosphere itu dipergunakan oleh warga setiap harinya untuk mandi dan mencuci pakaian.

Muhali, ketua tim pembangunan mengatakan bahwa perbaikan sumber mata atmosphere ini merupakan bentuk pengabdian peserta pelatihan untuk warga yang terkena dampak gempa dan tsunami empat bulan silam.

“Kami harapkan perbaikan fasilitas umum ini bisa bermanfaat untuk warga sekitar, dan dipergunakan dengan sebaik-baiknya,” ujarnya.

Menurutnya, mata atmosphere bagi warga merupakan hal penting maka timnya berinisiatif memperbaikinya. Di samping itu, pembangunan itu merupakan rasa terima kasih tim pelatihan kepada warga atas penyambutan yang hangat selama sepuluh hari di sana.

Warga sekitar menamai tempat itu dengan Pemandian Mata Air “Uwe Manggubine”

“Uwe itu air, Manggubine artinya perempuan. Karena disitulah tempat ibu-ibu mencuci pakaian dan mencuci piring. Di tempat lain juga ada mata atmosphere laki-laki, yang khusus digunakan laki-laki,” ujar salah satu warga, Yakub (51).

Sementara itu, Jihan Marita mengatakan bahwa dengan adanya perbaikan mata air Uwe Manggubine bisa lebih menjaga keaslian mata airnya, dan tentunya bisa bertahan sampai lama. (muh)

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*