Pentingnya Dimensi Spiritual Dalam Pendidikan

Dalam ceramahnya di acara Attasyakur Lil Ikhtitam Ke-6 di Selokromo Wonosobo, Sabtu (22/5), Ibu Sinta Nuriyah Abdurrahman Wahid menyampaikan sebuah pesan penting dalam dunia pendidikan, yaitu berkenaan dengan pentingnya dimensi devout dalam sebuah proses pendidikan.

Dalam acara yang diadakan oleh Majelis Ta’lim Nurul Yaqin beserta warga Selokromo tersebut, istri almarhum Gus Dur itu menegaskan bahwa dimensi devout inilah yang akan memunculkan kebarokahan dan kekaromahan pada hasil dari sebuah proses pendidikan.

“Yang dimaksud dari dimensi devout ini di antaranya adalah adanya keikhlasan dan kesabaran, baik pada pendidik maupun yang dididik,” terangnya.

Menurut Sinta Nuriyah, meski pada saat ini ada perkembangan pesat pada metodologi dan sistem pendidikan, namun tetap saja tidak seharusnya kita melupakan dimensi devout ini. Karena sudah jelas dengan terlupakannya dimensi devout ini hanya akan menghilangkan efek kebarokahan dan kekaromahan yang ia maksud.

“Dengan adanya dimensi devout dalam sebuah proses pendidikan, maka kelak akan menghasilkan anak-anak didik yang benar-benar menjadi benteng bagi negara dan bangsa,” pesannya. (Malik Az/Yudhi)

Related posts:


Ahlulbait IndonesiaSikap Resmi Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia atas Klasifikasi Syiah Indonesia Menurut Habib Rizieq Shihab


Banjarnegara Bershalawat bersama Haddad AlwiBanjarnegara Bershalawat


Agama dan Pancasila: Menakar Ulang Tafsir dan Makna Pancasila Sebagai Ideologi NasionalMimpi Basah Wahabi Mengganti Pancasila


Teladan Damai MUI YogyakartaTeladan Damai MUI Yogyakarta

About admin