Pelestarian Budaya Lewat Khaul dan Festival Rebana

Festival Rebana kembali digelar di Kampung Pagude, Pagerkukuh, Wonosobo. Acara yang diadakan bersamaan dengan sunatan massal ini disambut antusias warga setempat. Antusiasme itu juga dirasakan oleh masyarakat luar Kampung Pagude terlihat dari banyaknya warga yang hadir dan ikut memeriahkan acara yang berlangsung Sabtu (16/4) itu.

Diikuti 35 peserta, acara ini digelar dalam rangka Khaul Muhammad Hanafiyah bin Yahya, Syekh Al Hayyi bin Yahya, dan sesepuh kampung Pagude.

“Peringatan wafatnya sesepuh kampung Pagude memang selalu diadakan setiap tahun,” ungkap Hidayah, salah seorang warga sekitar.
Pada awal acara terlihat salah satu peserta rebana, grup Isrofil Khasan, mendapat kesempatan berkolaborasi dengan dua dari tiga juri yang ada. Tentu saja hal ini disambut baik para hadirin yang semula hampir kecewa karena terlalu lama menunggu kedatangan peserta selanjutnya. Langkah cekatan panitia sanggup membuat acara berlangsung lancar.

“Khaul Muhammad Hanafiyah bin Yahya, Syekh Al Hayyi bin Yahya, dan sesepuh kampung Pagude ini sudah berlangsung sejak hari Jumat (15/4) dan akan mencapai acara puncak pada hari Minggu (17/4) yaitu dengan acara sunatan massal,” kata Hidayah. (Nida Khan/Yudhi)

Related posts:


kantor KPID BatamMuslimin Batam: Usir Salafi-Wahabi Dari Batam Kepri!


Festifal Qasidah IV PontianakFestival Qasidah IV Pontianak Marakkan Wiladah Sayyidah Fathimah


(dr kiri) Idrus Romli, Faisal bin Mandi, Abdillah Baabud, dan Abdullah HinduanDialog Aswaja NU-Syiah Jember


Cap-Gomeh-Manado-1Atraksi Iris Lidah di Festival Cap Go Meh Manado

About admin