Pasca Ramadhan, FAUSAN Ketapang dan Kubu Raya Salurkan Hibah Alquran

Peduli pada kegiatan bernafaskan khidmat sosial, Forum Antar Umat untuk Solidaritas Kemanusiaan dan Lingkungan (FAUSAN) Kabupaten Ketapang membagikan paket hibah kitab suci Alquran di beberapa masjid dan surau di Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat. Reli penyaluran kitab suci Alquran ini dilaksanakan dua hari berturut-turut sejak Minggu (3/7) oleh aktivis muda komunitas tersebut.

Menurut anggota FAUSAN Ketapang, Faisal, kegiatan yang dilaksanakan sejak akhir Ramadhan ini dimaksudkan untuk lebih memasyarakatkan Alquran pada khalayak di Ketapang.

“Meski Ramadhan sudah berakhir, semangat untuk membaca dan mengkaji Alquran harus tetap dijaga di setiap bulan, karena keutamaan membaca Alquran tidak hanya ada pada hari-hari Ramadhan,” ujarnya.

Menurut Faisal, karena keterbatasan jumlah Alquran, setiap paket yang dihibahkan ke masing-masing masjid dibatasi hanya lima Alquran saja.

“Ini adalah langkah awal, selanjutnya insya Allah akan semakin dikembangkan dan berjalan terus dengan baik,” harapnya.

Hibah Alquran merupakan module kerja baru yang dilaksanakan FAUSAN Ketapang, setelah sebelumnya menyalurkan hibah tempat sampah, rehal dan melaksanakan bersih-bersih pemakaman di Ketapang dan sekitarnya setiap dwi mingguan.

Fenomena “menghilangnya” Alquran dari jiwa kaum muda adalah masalah yang harus diatasi. Sebagai kompas kehidupan, Alquran akan menuntun manusia, dalam lane yang diinginkan Tuhan. Sebaliknya, melepaskan diri dari wahyu Ilahi meniscayakan jauhnya manusia dari jalan yang lurus.

Program ini diharapkan juga dapat mempererat jalinan silaturahmi dan mengokohkan persatuan kaum Muslimin, terutama di Ketapang.

“Kami percaya bahwa Alquran adalah pemersatu umat Islam. Jika saudara-saudara kita yang non-Muslim saja tertarik dengan Alquran, maka bagaimana kita tidak berhasrat dengannya?” imbuhnya.

Faisal berharap di masa-masa mendatang kegiatan ini masih akan dapat dilaksanakan. Ada beberapa titik lokasi yang ditargetkan untuk penyebaran Alquran.

“Setelah Idulfitri, penyaluran hibah Alquran akan kami lanjutkan kembali, insya Allah,” tambahnya.

Kegiatan serupa juga dilaksanakan di Kabupaten Kubu Raya. Sy. Ali Alqadri, Ketua FAUSAN Kabupaten Kubu Raya juga menyalurkan paket hibah Alquran di kabupaten yang bertetangga dengan Kota Pontianak itu pada Selasa (5/7).

Ali menyampaikan bahwa kebutuhan Alquran di daerah-daerah sangatlah besar, terutama di wilayah yang sulit dijangkau.

“Ini khidmat yang mampu kami lakukan, walau tak banyak, kami berharap ini bermanfaat,” harapnya.

Selain itu, Ali mengatakan bahwa hibah ini adalah hadiah Idulfitri dari FAUSAN Kabupaten Kubu Raya untuk masyarakat sekitar.

Di akhir kesempatan, Faisal dan Ali menyampaikan ucapan selamat Hari Raya Idulfitri kepada seluruh kaum Muslimin.

“Kami ucapkan selamat Idulfitri, semoga ibadah kita diterima Allah SWT, dan kaum Muslimin dipersatukan dalam bahtera keadilan,” ucap keduanya senada. (Ridha/Yudhi)

Related posts:


fathimahazzahraKedudukan Mulia Fatimah Az Zahra sebagai Ummu Abiha


Kesenian-di-Pembukaan-MTQ-26-Pontianak-2Atraksi Seni Islami Buka MTQ 26 Kota Pontianak


Lesbumi-ManadoLESBUMI NU Sulut Gelar Diskusi Buku Bulan Sabit di Nusa Utara


Milad-Sayyidah-Fathimah-RusunMuslim Syiah Sampang Peringati Milad Sayidah Fathimah di Pengungsian

About admin