Para Orangtua, Tepatilah Janji Kalian pada Anak!

Salah satu pesan dari agama Islam pada orangtua adalah menepati janji mereka ketika menjanjikan sesuatu pada anak-anaknya. Seperti yang tercantum dalam kitab Makarimul Akhlaq (hal 219), Rasulullah Muhammad Saw bersabda “Cintaihlah anak-anak dan sayangilah mereka. Lalu, ketika kalian berjanji maka tepatilah janji tersebut karena mereka melihat bahwa rezeki mereka berada dalam tangan kalian (orangtua).”

Dalam Mustadrakul Wasail (jilid 5, hal 201), Imam Ali a.s. berkata, “Siapa saja di antara kalian yang menjanjikan sesuatu pada anak-anak kalian maka tepatilah janji itu.”

Ketika orangtua tidak menepati janjinya maka anak-anak akan merasa dikhianati dan merasa dirinya tidak dihargai. Bahkan lebih buruk dari hal itu, sikap tidak menepati janji yang dilakukan orangtua dinilai bisa membuat anak-anak menjadi pembohong di masa dewasa.

Dalam Amaali Shaduq (hal 376), Imam Ali as berkata, “Tidak dibenarkan untuk berbohong di saat itu serius maupun bercanda, dan juga tidak dibenarkan ketika orangtua berjanji pada anak-anak lalu orangtua tersebut tidak menepati janjinya, karena berbohong menarik (manusia) pada kerusakan dan kerusakan menarik (manusia) pada neraka.”

Patut diketahui oleh para orangtua bahwa menjanjikan sesuatu pada anak bukanlah sebuah keharusan. Namun ketika sudah berjanji maka harus ditepati. Allah SWT berfirman dalam Q.S. Al-Isra’ ayat 34 “… dan penuhilah janji; karena janji itu pasti diminta pertanggungjawabannya.” (Sutia)

Related posts:

2305409Pada Usia Berapakah Sebaiknya Orang Menikah? 14 Manusia Suci (1)Cari Berkah, Namai Anak dengan Nama-nama Manusia Suci muslim-familyPeran Ibu dalam Mendidik Anak Mearajut Tali PersaudaraanMerajut Toleransi Di Tengah Perbedaan

About admin