Nasihat Prof. Quraish Shihab saat Peringati 40 Hari Wafatnya KH Hasyim Muzadi

29097c6a-9b22-46c4-9870-dd1254f087cd“Di antara orang-orang Mukmin ada suatu kebenaran yang sudah dijanjikan, yaitu orang yang meninggal ada yang sudah menyelesaikan tugasnya, ada juga yang belum,” kata Prof. Dr. H. Muhammad Quraish Shihab, MA (Pak Quraish) saat menyampaikan testimoni pada acara peringatan 40 hari wafatnya KH Hasyim Muzadi.

Acara terselenggara di Pondok Pesantren Al Hikam Depok, Minggu malam (23/4). ”Dan Pak Hasyim ini sudah menyelesaikan tugasnya di masyarakat dan negara. Murid-muridnya banyak.  Beliau sudah meletakkan dasar-dasar pemahaman agama terhadap para santrinya,” terang Pak Quraish di hadapan para tamu dan santri.

Di saat yang sama, Pak Quraish menyampaikan kesedihan atas kepergian almarhum. “Masih ada orang yang lebih tua tapi belum dipanggil.  Seperti saya,” seloroh penulis buku Kematian adalah Nikmat itu.

Ia mengungkapkan, kematian orang baik akan menyebabkan orang tersebut senang karena ia di sana tidak merasakan kesedihan dan keresahan. Sementara, meninggalnya orang jahat akan menjadikan orang yang hidup mendapatkan kedamaian karena sudah tidak ada lagi dirinya di kehidupan ini.

“Kita optimis bahwasanya Pak Hasyim bagian dari orang baik,” ucap Pak Quraish. “Bahkan beliau di sana melihat kita. Jangan anggap orang yang sudah mati tidak bisa melihat kita,” imbuhnya.

Beliau berharap, langkah-langkah almarhum sampai detik ini terus dirawat, dijaga dan dikembangkan agar menjadi amal jariyahnya.

Peringatan 40 hari wafatnya KH Hasyim Muzadi ini diisi dengan beberapa kegiatan, di antaranya: bedah buku tentang almarhum, serta acara tahlil dan doa.

(Ahyar-Malik)

Related posts:

Mntri AgamaKH Hasyim Muzadi Tutup Usia, Menag: Kita Semua Kehilangan m.nuhMenteri Nuh: Tak Ada Tawar Menawar Soal Ideologi Nasib-NelayanNasib Nelayan di Tengah Rencana Penyempurnaan RUU Kelautan Resolusi-konflikPatologi Birokrasi Salah Satu Sumber Konflik

About admin