Lewat Shalawat, Cak Nun Ajak Umat Doakan Keselamatan Bangsa

Pada malam puncak Hari Amal Bakti (HAB) ke-72, Emha Ainun Najib (Cak Nun) mengajak Aparatur Sipil Negara (ASN) Kementerian Agama untuk menyenandungkan shalawat Nariyah. Sebelumnya, Cak Nun mengapresiasi tema HAB 72 “Tebarkan Kedamaian.” Menurutnya, Islam yang rahmatan lil alamin itu damai dan tidak akan menyakiti agama lain.

Rahmatan Lil Alamin itu yang menebar kedamaian sesuai dengan  tema HAB ke-72 yakni Tebarkan Kedamaian,” kata Cak Nun mengawali tausiyahnya di hadapan ribuan keluarga besa Kemenag di Halaman Kantor Kementerian Agama, Jakarta, Kamis malam (11/01).-

Mengenakan baju dan kopiah putih, Cak Nun selanjutnya menjelaskan, tentang sejarah Shalawat Nariyah di Madinah dan di berbagai negara. Budayawan yang dikenal sufiistik ini juga mengajak segenap keluarga besar Kementerian Agama untuk bersama-sama membaca Shalawat Nariyah yang diringi musik Islami grup Kiai Kanjeng dari Yogyakarta.

Menurut Cak Nun, shalawat jenis ini banyak tersebar dan diamalkan di kalangan kaum muslimin. “Bahkan ada berkeyakinan, siapa yang membacanya 4.444 kali, hajatnya akan terpenuhi atau akan dihilangkan kesulitan yang dialaminya,” ujar Cak Nun.

Lewat lantunan Shalawat Nariyah, segenap keluarga besar Kementerian Agama diajak untuk mendoakan keselamatan bangsa.

Sementara itu Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang hadir pada malam itu berpesan kepada keluarga besar Kemenag agar beragama dengan sepenuh hati. “Beragamalah dengan sepenuh kerendahan hati,” kata Menag.

Menag mengajak jajarannya untuk istiqomah dalam kerendahatian dan tidak saling merendahkan antar sesama. “Tebarkan kedamaian adalah bagian bentuk wujud kerendahatian kita dalam beragama. Tebarkan kedamaian di lingkungan kita masing-masing, kapanpun dan di manapun kita berada,” tegas Menag.

Senada dengan Menag, Cak Nun dalam kalam akhirnya mengatakan, bahwa setiap manusia meyakini kebenaran yang ada pada dirinya. “Kebenaran adalah urusan kita kepada Allah. Mari kita ciptakan keseimbangan dalam segala hal. Semoga kekuatan kita semua akan ditambahi untuk senantiasa menebarkan kebaikan dan kedamaian,” tandas Cak Nun. (Kemenag.go.id)

Related posts:

din syamsuddinDin : Ulama Harus Tampil Sebagai Juru Damai Megawati-InstituteNasionalisme Kebangsaan Soekarno 7240ca92-b2ed-4abd-a0f0-77185206f20eYusri Usman: Pemerintah Harus Bangun Smelter karena Freeport Tak Punya Itikad Baik Din-Syamsuddin-Baranews-640x410Din Syamsudin: NU-Muhammadiyah Bersinergi, Persoalan Umat Terselesaikan

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*