Launching Buku Biografi Imam Khomeini di UIN Jakarta

Buku berjudul Imam Khomeini dari lahir hingga wafat diluncurkan dalam acara convention “Keadilan Sosial dalam Pandangan Imam Khomeini dan Gus Dur” yang diselenggarakan Fakultas Ushuluddin UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Acara terselenggara di ruang Teater Prof. Dr. Partosentono, Rabu (7/6) atas kerja sama Fakultas Ushuluddin dengan Konsuler Kebudayaan Republik  Islam Iran.

“Indonesia kaya dengan tokoh-tokoh berpengaruh begitu juga dengan Iran. Di Indonesia ada Gus Dur maka di Iran ada Imam Khomeini,” kata Duta Besar Republik Islam Iran untuk Indonesia, Valiollah Mohammadi Nasrabadi selaku keynote speaker pada acara itu.

Hadir sebagai narasumber, Syaiful Arif (penulis buku Gus Dur dan Ilmu Sosial Transformatif), Mr. Abdor Reza Seifi (Konselor Kebudayaan Republik Islam Iran).

Narasumber membahas tentang masing-masing pemikiran dan perjuangan kedua tokoh. “Salah satu yang diperjuangkan Gus Dur adalah keadilan. Karena menurut Gus Dur salah satu ketentuan dasar yang dibawakan Islam adalah keadilan, baik yang bersifat perorangan maupun dalam kehidupan politik. Keadilan adalah tuntutan mutlak dalam Islam,” ujar Syaiful Arif.

Sementara, Abdor Reza menyampaikan, “Semangat perjuangan dan jihad Imam Khomeini, berakar pada pandangan akidah, pendidikan, lingkungan keluarga, situasi politik dan sosial di sepanjang masa hidupnya. Perjuangan beliau dimulai sejak masa remajanya, lantas berkembang kian matang seiring dengan perkembangan psikologis dan ilmiah Imam Khomeini.”

Selain narasumber, acara juga dihadiri jajaran pimpinan Fakultas Ushuluddin, di antaranya Dekan Fakultas Ushuluddin Prof. Dr. Masri Mansoer, M.Ag, Wakil Dekan Bidang Akademik Prof. Dr. Ikhsan Tanggok, M.Si dan Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, Alumni dan Kerjasama Dr. M. Suryadinata, MA.

Acara convention dan rising buku ini diakhiri dengan pembagian cendera mata kepada narasumber, pembagian doorprize untuk peserta, dan buka puasa bersama.

Buku biografi Imam Khomeini ini ditulis dalam 11 bab yang menjelaskan sejarah kehidupan bapak pendiri Republik Islam Iran ini dari lahir hingga wafat, termasuk periode semasa menjadi pelajar agama, perlawanan terhadap rezim Shah, pengasingan, dan kembali ke tanah airnya hingga kemenangan Revolusi Islam.

Buku Imam Khomeini dari lahir hingga wafat diterbitkan oleh salah satu penerbit Indonesia bekerja sama dengan atase kebudayaan kedutaan Republik Islam Iran di Jakarta. (AM)

Related posts:

Perpustakaan KontainerPerpustakaan Kontainer Masyarakat Jakarta JICSerba-serbi Alih Fungsi Lokalisasi Kramat Tunggak Dolly Fikih Peradaban Dalam Seminar Nasional UINFikih Peradaban Dalam Seminar Nasional UIN jayim Jadi1Pesan Persatuan pada Milad Imam Ali di Berbagai Daerah

About admin