Kerja sama HIKDMAT dan BANSER Bedah Rumah Warga di Jepara

Sejak ditinggal suami, Tuminah, warga Desa Plajan, Pakisaji, Jepara, berperan sebagai kepala keluarga bagi tiga anaknya. Mereka tinggal di rumah sederhana terbuat dari kayu. Menafkahi ketiga anaknya bukan hal mudah bagi Tuminah, apalagi ia hanya bekerja serabutan dengan penghasilan tak tentu.

Rumah yang ditinggalinya joke semakin hari semakin tak layak huni. Kayunya yang mulai lapuk dimakan rayap, genteng yang pecah-pecah, membuat Tuminah mulai resah. Namun apa daya, keterbatasan ekonomi membuatnya tak bisa melakukan apa-apa.

Beruntung, ada masyarakat yang peduli. Himpunan Komunitas Peduli Umat (HIKDMAT) Jepara bersama LINMAS, BANSER Desa Plajan dan masyarakat sekitar berinisiatif membantu Tuminah. Program “Bedah Rumah” Tuminah joke mereka kerjakan secara bertahap.

Singkat cerita, module Bedah Rumah ini rampung pada hari Minggu, 19 Nov 2017. Tuminah joke tak kuasa menahan bahagia melihat rumah yang tadinya hampir roboh kini telah disulap menjadi tembok yang kokoh. “Alhamdulillah,” ucap syukur Tuminah.

Ustad Miqdad selaku pembina HIKDMAT menegaskan, bakti sosial yang dilakukan sekaligus untuk memotivasi masyarakat di tempat lain agar peduli dengan tetangga yang membutuhkan.

“Di manapun kita membangun, tujuannya agar masyarakat bangkit dan bekerja sama membantu masyarakat sekitar. Bangkit bersama secara mandiri menyelesaikan masalah di lingkungannya, dan tidak harus bekerja sama dengan kami,” katanya.

“Kita disatukan dalam satu pemikiran yaitu kesamaan dalam kemanusiaan. Berbuat baiklah demi kebaikan itu sendiri bukan karena alasan apa pun,” pungkasnya.

Selaku ketua HIKDMAT, Abdullah mengatakan, aksi-aksi sosial yang dilakukan tidak berafiliasi dengan kepentingan-kepentingan politik tertentu, agama, maupun madzhab-madzhab tertentu. “Tapi murni membantu mereka yang kurang beruntung atas nama kemanusiaan,” ucapnya.

Sementara itu, perwakilan dari BANSER Desa Plajan mengatakan, Bedah Rumah ini sekaligus untuk menjalin silaturahmi dan kerja sama yang lebih baik dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat di hari-hari yang akan datang.

Program Bedah Rumah yang dilakukan HIKDMAT selama ini berjalan karena adanya kepercayaan para donatur dan swadaya masyarakat yang memiliki semangat untuk membantu sesama. (Muh/MZ)

233d952d-153a-47fd-bc31-a75618acd550

d2321ff2-072e-48a6-b735-0c859daa5142

Related posts:

Ahlulbait IndonesiaSikap Resmi Ormas Islam Ahlul Bait Indonesia atas Klasifikasi Syiah Indonesia Menurut Habib Rizieq Shihab Relawan HIKDMAT di banjir JeparaHIKDMAT Jepara: Siap Berkhidmat Bantu Korban Banjir Banjir JeparaBanjir Jepara Tak Kunjung Reda KALIGRAFI MuhammadMaulid Bersama Perekat Persatuan Bangsa

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*