Kemenpora Ajak OKP Kawal Perpres Pembangunan Pemuda

Jakarta – Kemenpora mengajak organisasi kemayarakatan pemuda (OKP) di seluruh Indonesia untuk mengawal pemberlakuan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2017 tentang Koordinasi Strategis Lintas Sektor Penyelenggaraan Pelayanan Kepemudaan yang ditandatangani Presiden Joko Widodo pada 12 Juli 2017.

Dengan Perpres yang mengatur koordinasi lintas sektor baik pemerintah pusat maupun daerah untuk menyelenggarakan pelayanan kepemudaan itu diharapkan pembangunan kepemudaan yang ditargetkan pemerintah dapat tercapai, kata Staf Khusus Menpora Bidang Pemuda Zainul Munasichin di Jakarta, Kamis.

“Dengan Perpres ini organisasi kepemudaan bisa menagih kementerian/lembaga di luar Kemenpora terkait module kepemudaan di K/L bersangkutan. Misal, ke Kementan tanya ada nggak module pemuda tani, ke Kementarian Kelautan ada nggak module pemuda maritim,” ujar dia.

Lebih lanjut Zainul menjelaskan, Menpora sendiri memiliki tiga fokus kebijakan terkait kepemudaan, yakni pembangunan kepemudaan lintas sektor, indeks pembangunan pemuda, dan penghargaan kepada kabupaten/kota layak pemuda.

Untuk menyosialisasikan Perpres 66/2017 Kemenpora menggelar diskusi kelompok terarah melibatkan perwakilan 20 OKP yang memiliki cabang di seluruh provinsi dan sebagian kabupaten/kota di Indonesia, 7-8 September.

“Tentu diskusi ini tidak final, perlu ada banyak diskusi bersama OKP, komunitas pemuda, dan tentu kementerian lembaga yang lain sehingga mandat Perpres benar-benar bisa terlaksana maksimal,” kata dia.

Kegiatan diskusi yang diinisiasi oleh section Staf Khusus Bidang Kepemudaan itu juga dihadiri oleh pelaksana module kepemudaan Kemenpora, di antaranya Staf Ahli Kerjasama Lembaga Kemenpora Adiyati Noerdin, Tim Ahli Kepemudaan Diebel Effendi, Asisten Deputi Pemberdayaan dan Pengembangan Pemuda, serta Biro Perencanaan Kemenpora RI.

Sumber: Antaranews

 

Related posts:

Proxy WarMayjen TNI Agus Sutomo: Tugas Pemuda, Bersatu Melawan Proxy War IMG_5131Komunitas Pemuda Nusantara Menggelar Pena Award Kedua C8DojPVVMAAy10xPemerintah Sahkan Perpres Penguatan Pendidikan Karakter Menag Lukman Hakim Saifuddin dan Pengungsi Syiah SampangMenag Optimis Pengungsi Syiah Sampang Pulang ke Kampung Halaman

About admin