Kemenag Terima Kunjungan Dosen Ma’had Aly University Beirut Lebanon

Jakarta – Kementerian Agama menerima kunjungan delegasi dosen Ma’had Aly  dari Global University Beirut Lebanon. Dipimpin Syekh Thoriq Ghonam, delegasi ini diterima Dirjen Pendidikan Islam Kamaruddin Amin.

Ikut mendampingi, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren (PD Pontren) Ahmad Zayadi beserta para pejabat eselon 4 lingkungan di Direktorat PD Pontren.

Kamaruddin Amin menyampaikan bahwa kunjungan para dosen Lebanon ini merupakan salah satu implementasi kerjasama akademik antara Kementerian Agama dengan Global University Beirut. Kerjasama ini telah disepakati sejak beberapa tahun lalu.

Dalam kunjungan ini, lanjut Kamaruddin, para dosen nantinya akan berbagi pengetahuan terkait metode pengajaran Bahasa Arab dengan mahasiswa Ma’had Aly di Indonesia. “Indonesia siap menjadi pusat peradaban dan tujuan pendidikan dunia karena Indonesia memiliki potensi yang besar untuk hal tersebut, misalnya jumlah perguruan tinggi yang sangat banyak,” ujar Kamaruddin di Jakarta, Kamis (04/01).

Kamaruddin mengatakan, ada sejumlah module yang sudah disiapkan dalam rangka menjadikan Indonesia sebagai tujuan pendidikan dunia. Menurutnya, Kementerian Agama memiliki module pengiriman dosen untuk belajar ke luar negeri.

Selain itu, ada juga module mengundang dan memfasilitasi mahasiswa asing belajar di Indonesia melalui jalur beasiswa. Termasuk juga dan  memberikan beasiswa penuh kepada mahasiswa asing dan mahasiswa Indonesia selama menempuh pendidikan.

“Ke depannya kami berharap, Indonesia menjadi kiblat dunia untuk pendidikan Islam, selain Timur Tengah dan Eropa,” harap Kamarudin.

Direktur PD Pontren Ahmad Zayadi menambahkan, para dosen dari Global Univeraity Beirut Lebanon akan bermukim di Indonesia selama satu bulan. Mereka akan ditempatkan di 13 Ma’had Aly yang tersebar di beberapa provinsi. (Kemenag)

 

Related posts:

Muktamar II Ahlulbait Indonesia di Kemenag Jl. Thamrin Jakarta PusatSambutan oleh Prof.Dr. Machasin MA, Pada Pembukaan Muktamar II ABI RUU Perlindungan BeragamaKemenag Persiapkan RUU Perlindungan Beragama 505595Kemenag Siapkan 240 Miliar untuk Anggaran Penelitian Tahun 2018 506087Menag: Agama Tidak Hanya Bisa Didekati Dengan Nalar, Tapi Juga Dengan Rasa

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*