Karnaval Budaya Angkat Potensi Daerah Purbalingga

Selasa (30/8), masih dalam rangka memeriahkan momen Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Indonesia,  pemerintah daerah Purbalingga menyelenggarakan kegiatan ‘Karnaval Budaya’ yang diikuti oleh perwakilan seluruh kecamatan yang ada di Purbalingga dan jajaran SKPD.

Selain untuk memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia ke-71, karnaval tersebut juga bertujuan untuk memberikan ruang dalam memperkenalkan module dan potensi yang ada di Purbalingga kepada masyarakat umum. Sehingga dalam karnaval itu ditampilkan potensi-potensi daerah Purbalingga melalui peserta karnaval, baik potensi dalam bidang pertanian, peternakan, perikanan, kerajinan tangan, kesenian, budaya, dan juga potensi di bidang pariwisata. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Dinbudparpora), Subeno, yang sekaligus juga sebagai pelaksana kegiatan karnaval.
“Kegiatan pawai sekaligus untuk memberikan ruang bagi masyarakat mengekpresikan module dan potensi yang dimiliki untuk memperkenalkan kepada masyarakat. Dan bagi pemkab untuk mengenalkan program-program yang dilakukan jajaran SKPD. Oleh karenanya peserta terbagi menjadi dua kelompok yakni kelompok kecamatan dan kelompok SKPD lainnya.

“Sedangkan tema yang kita usung adalah ‘Jateng Gayeng Purbalingga Grengseng’,” ungkap Subeno.

Karnaval yang disambut antusiasme warga Purbalingga ini dibagi menjadi empat kelompok pemberangkatan. Kelompok pemberangkatan pertama terdiri dari Kecamatan Karangjambu, Karangreja, Rembang, Karangmoncol dan Kecamatan Kertanegara. Kemudian kelompok kedua terdiri dari Kecamatan Karanganyar, Bobotsari, Pengadegan, Bukateja, Mrebet dan Kecamatan Kutasari. Dan kelompok ketiga terdiri dari Kecamatan Kemangkon, Kaligondang, Kalimanah, Padamara, Bojongsari dan Kecamatan Purbalingga. Sedangkan untuk kelompok pemberangkatan terakhir dari peserta SKPD dan kelompok lainnya.

Adapun rute yang akan dilalui dalam karnaval ini adalah dimulai dari pertigaan Mayong menuju Alun-alun, Jalan Jenderal Soedirman Timur arah Kodim, Bancar, Jl Letkol Isdiman dan finish di Stadion Goentoer Darjono.

Diungkapkan pula oleh Subeno bahwa karnaval kali ini adalah sebagai penutup rangkaian kegiatan pada bulan Kemerdekaan Indonesia tahun 2016 yang diadakan Pemkab Purbalingga. Sebelumnya pada tahun ini Pemkab Purbalingga sudah mengadakan 4 kegiatan yakni Pawai Sepeda Hias yang telah dilaksanakan pada Minggu (21/8), kemudian Rally Merah Putih yang dilaksanakan pada Sabtu (27/8) mulai pukul 13.00 WIB yang dilanjutkan pawai Mobil Hias pada pukul 18.00 WIB. Sedangkan kegiatan lainnya adalah Pawai Komunitas Motor pada Minggu (28/8). (Faisal A/Yudhi)

Related posts:


erupsi-merapiMerapi Turunkan Peminat PTS di Yogya?


ABI Press di BandungRemaja Karbala: Membagikan Air Minum, Mengingatkan Kehausan Al Husein


ABI Press_KOBASepeda Onthel Masih Eksis di Jakarta


Salat berjamaahSambut Gerhana Matahari Total Warga Pontianak Gelar Salat Kusuf

About admin