Kampung Literasi Sigi Persiapkan Kemah Akhir Tahun

Pengurus Kampung Literasi Sigi melaksanakan rapat persiapan kemah literasi akhir tahun yang dihadiri oleh panitia, pembina literasi sigi dan beberapa Organisasi Kepemudaan (OKP) kecamatan Dolo selatan kabupetan Sigi di Pojok Baca Desa Walatana pada hari Minggu (1/12/2018).

Kemah Literasi akhir tahun rencananya akan dilaksanakan di Lapangan Desa Walatana selama 3 hari mulai dari tanggal 29-31 Desember 2018. Rapat tersebut membicarakan terkait kegiatan, jenis lomba yang akan dilaksanakan, jumlah peserta, desain perkemahan serta perlengkapan yang akan disiapkan oleh panitia dan penentuan dewan juri.

Ketua Panitia Imam Mulki mengatakan bahwa ada 6 lomba yang akan memeriahkan kemah literasi akhir tahun nanti. Diantaranya, lomba azan tingkat SD, lomba Puisi tingkat SD dan SMP, lomba Pidato tingkat SMP, SMA dan Remaja, lomba mewarnai dan menggambar tingkat TK – SD, lomba menghafal surah-surah pendek al-Quran tingkat SD serta ada penentuan Duta Baca Cilik untuk kategori Iqra dan Membaca. Ada juga module seperti game (Ice Break), senam, mishap healing, kultum sebagai bagian mengisi waktu disela-sela acara lomba literasi.

Rapat panitia untuk kegiatan kemah akhir tahun

Menurutnya, semua kegiatan lomba ini, menghadirkan 16 Sekolah TK, SD, SMP, SMA dan OKP se-Kecamatan Dolo Selatan Kabupaten Sigi. Masing- masing di undang untuk mengikuti lomba dalam bentuk perwakilan. Sekolah atau komunitas OKP mengutus beberapa peserta yang didampingi oleh guru atau pembinanya untuk mengikuti lomba dan membuat perkemahan di lokasi kegiatan.

Ketua Pojok Baca Banua Madamba Usman Desa Baluase, Rifki Al-Husein menambahkan bahwa kemah literasi ini akan mendorong banyak pihak untuk ikut terlibat dalam kegiatan literasi. Termasuk kami dari Komunitas Literasi Baluase akan mengutus beberapa perserta yang akan mengikuti kategori lomba literasi.

Sementara itu Halima, M.Pd sebagai pembina berharap kegiatan kemah literasi akan menginspirasi masyarakat untuk memeriahkan perayaan tahun baru dengan kegiatan positif. Terlalu banyak kegiatan hura-hura bagi generasi muda di malam tahun baru selama ini. Untuk perayaan Tahun Baru kali ini harus berbeda, karena kemah literasi akan menyelenggarakan acara puncak seperti api unggun, nonton bareng, pengumuman lomba, Pidato Nasional Literasi dan malam renungan, doa bersama, serta diakhiri dengan malam kembang api. (Mahadin)

Baca juga: Kampung Literasi Sigi Mendapat Bantuan 100 Tas Sekolah

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*