understandislam

Islam Teror dan Islam inspiratif

 

Islam Teror dan Islam inspiratif
understandislamAkhir-akhir ini kita menyaksikan dua bentuk Islam yang tampil di kancah dunia internasional. Yang satu adalah Islam yang bringas, penuh teror, kejam, sadis, menjarah dan segala bentuk kriminalitas yang lainnya. Islam ini direpresentasikan oleh ISIS, Jabhah an-Nusroh. Alqaedah, Boko Haram dan sejenisnya.
Di sisi lain kita juga menyaksikan Islam yang militan tapi moderen, maju secara saintifik bahkan sampai bisa bikin nuklir, canggih dalam teknologi mulai dari nano teknologi sampai pada teknologi persenjataan yang sangat canggih. Pendek kata Islamnya sangat membanggakan dan penuh inspirasi. Islam ini direpresentasikan oleh Iran. Kalau yang pertama adalah Islam yang berbasis pada akidah dan cara pandang Salafi. Sementara yang kedua berbasis pada akidah dan cara pandang Syiah Imamiah.
Ada yang bertanya, kenapa sangat beda outputnya sementara asalnya sama, yakni sama-sama Islam.
Saya mengamati bahwa meskipun asalnya sama-sama Islam, Alqurannya sama dan Nabinya sama namun rujukan penafsiran pada nas Alquran dan nas hadisnya beda.
Kalau yang pertama (salafi) memahami Alquran dan Hadis-Hadis Nabi sangat tektualis sehingga tidak memberikan ruang kepada akal dan pikiran yang sehat untuk ikut serta memahami firman Allah dan Hadis Nabi. Maka beda dengan syiah. Mereka memahami dan menafsirkan Alquran dan Hadis dengan bantuan ilmu-ilmu Ahlul Bait yang sangat rasional, kontekstual, logis, dan up todate. Itulah kenapa lewat penafsiran mereka Islam terasa sangat relevan, elegan, aktual dan sesuai dengan zamannya.
Islamnya tidak jenuh, tidak menakutkan tidak minder di hadapan agama yang lain dan sangat inspiratif. Dari situ kita bisa memahami Hadis Nabi yang bersabda: ” al-Islam ya’lu wa la yu’la ‘alaih”, Islam selalu unggul dan tidak ada yang bisa mengalahkannya.
Sungguh kita merindukan Islam yang number one itu

About admin