Hizbullah Siap Jaga Migas Lebanon dari Ketamakan Israel

Hizbullah Lebanon menilai statemen terbaru menteri urusan perang rezim Zionis mengenai sumber minyak dan gas negara ini di laut Mediterania sebagai indikasi berlanjutnya kerakusan Israel terhadap sumber daya alam Lebanon.

Hizbullah dalam pernyataan resmi yang dikeluarkan hari Rabu (31/1) mereaksi statemen Avigdor Lieberman dengan mengatakan, Hizbullah senantiasa mendukung pemerintah Lebanon dalam menjaga dan melindungi sumber daya alam, termasuk minyak dan gas di laut Mediterania dari ancaman Israel.

Hizbullah menyerukan supaya presiden, ketua parlemen dan perdana menteri Lebanon bertindak cepat untuk mereaksi langkah baru rezim Zionis yang berambisi untuk menjarah minyak dan gas Lebanon.

Sebelumnya, Avigdor Lieberman mengklaim proses mengenai penyerahan ladang minyak dan gas Lebanon provokatif, dan blok 9 ladang gas milik Israel, tapi Lebanon melakukan proposal terhadap ladang itu.

Avigdor Leiberman

Avigdor Leiberman

Pernyataan Leiberman menyulut reaksi keras dari para pejabat tinggi Lebanon termasuk  presiden dan perdana menteri Lebanon. Mereka menilai statemen tersebut sebagai bagian dari politik ekspansif Israel untuk merampas hak negara lain serta mengancam keamananan regional.

Ladang minyak Lebanon berada di perairan negara ini di laut Mediterania, yang sebagian besar ditemukan di tahun 2009.

Negara ini memiliki 10 blok minyak yang akan dieksplorasi dan diproduksi untuk pertama kalinya dari blok 2. (Parstoday)

 

Related posts:

barack-obama-dan-hassan-rouhani-_130929205942-123Israel Khawatirkan Kedekatan Obama-Rouhani 4bhe7e6ffc0fb9iem_800C450Presiden Lebanon Tolak Sanksi Baru AS terhadap Hizbullah Hizbullah jadi1Rudal Hizbullah, Ancaman Terbesar Israel 4bhf9fdabd1407mfe_800C450Nasrullah: Pasca Daesh, Hizbullah Fokus Hadapi Israel

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*