Dubes China: Iran Salah Satu Negara Teraman di Kawasan

Duta Besar China untuk Iran, Pang Sen, memuji situasi keamanan di Republik Islam Iran dan menyebutnya sebagai salah satu negara pale aman di Timur Tengah.

“Iran adalah salah satu negara teraman di kawasan, dan itu merupakan kehormatan bagi saya sebagai Duta Besar China (untuk negara ini),” kata Pang Sen kepada wartawan pada sebuah konferensi pers di Teheran seperti dilansir media Tasnimnews, Selasa (6/6).

Lebih lanjut ia menekankan perlunya meningkatkan hubungan keamanan antara Teheran dan Beijing, dengan mengatakan bahwa kedua negara harus mengembangkan kerjasama di berbagai bidang, termasuk dalam perang melawan terorisme dan obat-obatan terlarang.

Diplomat China itu juga mengatakan hubungan militer antara Iran dan China terus berkembang dari hari ke hari.

Pada kesempatan lain, duta besar tersebut mengomentari kebijakan beberapa negara Arab untuk memutuskan hubungan diplomatik dengan Qatar dengan mengatakan, “Rekomendasi kami adalah bahwa negara-negara tetangga menyelesaikan masalah tersebut melalui dialog dan cara-cara damai.”

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Mesir, Bahrain, Maladewa dan sejumlah lainnya pada hari Senin memutuskan hubungan diplomatik dengan pemerintah Doha, dengan mengatakan bahwa mereka akan menangguhkan transportasi udara, laut dan darat dengan Qatar.

Kerajaan Saudi membuat pengumuman tersebut pada hari Senin, dengan mengatakan bahwa pihaknya mengambil tindakan yang disebutnya sebagai perlindungan keamanan nasional.

Riyadh menuduh Qatar menyimpan banyak kelompok teroris dan sektarian yang bertujuan menciptakan ketidakstabilan di wilayah ini.

Sedangkan Qatar mengatakan “tidak ada pembenaran yang sah” untuk memotong hubungan diplomatik.

“Bagi kami, pilihan strategis negara Qatar adalah menyelesaikan perselisihan melalui dialog,” kata Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed Bin Abdulrahman Al Thani. (AM)

Related posts:

RaminMehmanparastIran: Amerika dan NATO Bukan Lindungi Rakyat, Tapi Incar Minyak Libya! Upaya Ulama Terkemuka Dua Mazhab Merajut Ukhuwah Sunni-Syiah 20170302bendera-iran-001xxIran Jatuhkan Sanksi kepada 15 Perusahaan Amerika 4bmxd2f9648b7ar2nm_800C450Iran Pasok Makanan Warga Gaza Selama Ramadhan

About admin