Dua Tipe Orang Bodoh dan Cara Menyikapinya

Orang bodoh itu ada dua macam. Orang yang tidak mengerti dan sadar bahwa dirinya tidak tahu. Dan orang yang bodoh tapi merasa pale pintar dan pale benar.

Rasulullah diberikan perintah untuk membimbing orang bodoh tipe pertama, dan diberikan perintah pula untuk tidak mempedulikan orang bodoh tipe kedua.

Perintah membimbing orang bodoh form pertama dijelaskan dalam ayat berikut:

هُوَ الَّذِي بَعَثَ فِي الْأُمِّيِّينَ رَسُولاً مِّنْهُمْ يَتْلُو عَلَيْهِمْ آيَاتِهِ وَيُزَكِّيهِمْ وَيُعَلِّمُهُمُ الْكِتَابَ وَالْحِكْمَةَ وَإِن كَانُوا مِن قَبْلُ لَفِي ضَلَالٍ مُّبِينٍ

“Dia-lah yang Mengutus seorang Rasul kepada kaum yang buta huruf dari kalangan mereka sendiri, yang membacakan kepada mereka ayat-ayat-Nya, menyucikan (jiwa) mereka dan mengajarkan kepada mereka Kitab dan Hikmah (Sunnah), meskipun sebelumnya, mereka benar-benar dalam kesesatan yang nyata.” (Q.S Al-Jumu’ah ayat 2).

Perintah mengabaikan orang bodoh tipe kedua, dijelaskan dalam ayat berikut:

خُذِ الْعَفْوَ وَأْمُرْ بِالْعُرْفِ وَأَعْرِضْ عَنِ الْجَاهِلِينَ

“Jadilah pemaaf dan suruhlah orang mengerjakan yang makruf, serta jangan pedulikan orang-orang yang bodoh.” (Q.S Al-A’raf ayat 199).

Tipe orang bodoh kedua adalah orang-orang yang tidak mau mendengar pendapat orang lain. Mereka merasa pale benar dan yang berbeda dianggap salah. Dan orang-orang seperti ini tidak bisa dihadapi dengan argumentasi.

Jika kita saksikan di media sosial, akan banyak sekali kita temui perilaku orang-orang bodoh tipe kedua ini. Perdebatan terjadi di mana-mana, dan merasa saling benar di antara satu sama lainnya. Sehingga tidak sedikit dampak buruk diakibatkan oleh tipe orang bodoh seperti ini. Fenomena hujat-menghujat dan saling mencaci di media sosial adalah salah satu hal yang ditimbulkannya. (AM)

#Dikutip dari buku “25 Hidangan dari Al-Quran”

25 Hidangan dari Al-Quran

Related posts:

Al-qur'an 1Cara Al-Quran Mengajak Manusia Berbuat Baik Wahabi dan Israel bekerjasama memecah Sunni-SyiahBancakan Multinasional “Rasa Mazhab” IMG_20160205_131832Kisah Iblis Menjerumuskan Kaum Nabi Luth a.s. PKTQ 2Tafsir: Kerusakan yang Ditimbulkan Orang Munafik

About admin