Doa dan Puisi untuk Palestina

Tragedi kemanusiaan yang terjadi di bumi Palestina mengetuk nurani kita sebagai sesama anak manusia.

“Berbicara Palestina, tidak hanya bercerita tentang darah dan penderitaan. Puisi, syair, serta banyak sastrawan lahir di sana. Beberapa penyair terkenal yag banyak menyuarakan suara kemerdekaan, antara lain Mahmoud al-Gharbawi, Abdunnasir Saleh, Muadz al-Hanafi, Mahmud Darwis, adalah penyair-penyair yang sangat terkenal dan beberapa karyanya akan dibacakan pada malam ini.” Kata Ulil Absar Abdalla pada sambutannya mewakili penyelenggara acara “Doa untuk Palestina,” Kamis, 24 Agustus 2017.

Doa bersama yang diselenggarakan di Graha Bhakti Budaya Taman Ismail Marzuki (TIM) terselenggara atas inisiasi KH. Mustofa Bisri (Gus Mus) dan kawan-kawan. Selain doa, acara juga diisi dengan pembacaan berbagai puisi.

“Di Taman Ismail Marzuki, 35 tahun lalu saya mulai menjadi penyair. Dan puisi yang saya bacakan waktu itu adalah puisi tentang Palestina. Sekarang ini (setelah 35 tahun berlalu) Palestina masih dalam keadaan yang sama, yaitu masih terjajah. Itulah yang membuat saya berkeinginan untuk menyelenggarakan pentas puisi dan Doa untuk Palestina ini.” Kata Gus Mus sebelum beliau tampil membacakan puisi berjudul Ana Falastiniy (Aku adalah Orang Palestina).

Selain Gus Mus, puisi juga dibacakan oleh para penyair lain, di antaranya: Prof. Dr. Abdul Hadi WM, Acep Zamzam Noor, Butet Kartaredjasa, D. Zawawi Imron, Husain Muhammad, Inayah Wahid, Jose Rizal Manua, Slamet Rahardjo, Sosiawan Leak, Taufik Ismail, dan beberapa tokoh lain seperti Prof. Dr. Quraish Shihab, Prof. Dr. Syafii Maarif, Prof. Dr Mahmud MD,  Jamal D Rahman, Najwa Shihab, Ulil Absar A, dan beberapa tokoh lain.

Turut hadir juga budayawan Muhammad Sobari, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Efendi, dan Staf Kepresidenan Teten Masduki, serta beberapa pejabat lain turut menyemarakkan acara Doa untuk Palestina. (Mujib)

Related posts:

di depan Kedubes Amerika SerikatAksi Solidaritas Palestina di Kedubes Amerika Kenduri CintaCara Malu Menjadi Indonesia Viva PalestinaViva Palestina d3b8bafe-3c8e-4c89-8380-d02949d897d0Aksi Massa Tuntut Bebaskan Tahanan Palestina

About admin