Din Syamsudin: NU-Muhammadiyah Bersinergi, Persoalan Umat Terselesaikan

Malang – Utusan Khusus Presiden untuk Dialog dan Kerja Sama Antar-Agama dan Peradaban Prof Dr Din Syamsudin mengemukakan jika NU dan Muhammadiyah bersinergi dengan baik, permasalahan umat juga akan terselesaikan dengan baik pula.

“Kalau kedua organisasi masyarakat Islam terbesar di Tanah Air bisa bersinergi, saya kira permasalahan umat juga akan terselesaikan dengan baik dan damai,” kata Din Syamsudin di sela acara Tabligh Akbar yang digelar Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM), Kota Malang, Jawa Timur, Minggu (29/10).

Mantan Ketua Umum PP Muhammadiyah itu juga mengapresiasi digelarnya acara halalbihalal seluruh komponen masyarakat di wilayah Kota Malang yang digagas dan diselenggarakan bersama kedua ormas Islam tersebut. “Ini sangat luas biasa,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu Din juga mengapresiasi berbagai prestasi yang telah ditorehkan Kota Malang, baik skala regional, nasional maupun internasional. “Dan, yang tidak kalah penting adalah suksesnya Kota Malang dalam menjaga kondusivitas antarorganisasi keagamaan dam antarumat beragama di kota ini,” ujarnya.

Sementara itu Wali Kota Malang Moch Anton mengaku jika suasana kondusif yang tercipta selama ini merupakan buah hasil sinergitas antarseluruh elemen, termasuk dari kalangan ormas keagamaan.

Menurut Anton, peran Muhammadiyah dalam pembangunan dan menjaga suasana aman, tentram dan kondusif di Kota Malang sangat baik. Hal itu tak lepas dari komunikasi aktif  di tataran pimpinan organisasi keagamaan itu dengan jajaran Forkopimda.

“Kota Malang ini telah ditunjuk sebagai kota pale kondusif di Indonesia. Sinergitas antara dua ormas Islam besar, yakni NU dan Muhammadiyah sangat bagus dan dari titik ini kita bisa membangun peradaban Islam yang baik,” katanya.

Anton menerangkan sinergitas antara NU dan Muhammadiyah telah diwujudkan dalam acara halalbihalal bersama yang digagas oleh dua ormas itu bebeberapa waktu lalu. Hal ini, merupakan bukti cukup kuat bagaimana mensinergikan berbagai kelompok dalam menjalin persatuan dan kesatuan demi menuju suksesnya module pembangunan.

“Sinergitas itu sejalan dengan misi Pemkot Malang dengan lingo Malang Bermartabat. Harapan kami sinergitas dan prestasi ini bisa kita pertahankan, bahkan terus kita tingkatkan agar lebih banyak lagi prestasi yang diraih di turn internasional,” tuturnya.

Tabligh Akbar yang digagas PDM Kota Malang ini biasanya dilaksanakan satu bulan sekali atau tepatnya setiap pekan terakhir, namun khusus pada tabligh kali ini tausiyah disampaikan oleh Mantan Ketua PP Muhammadiyah, Prof Din Syamsudin. (Antara)

Related posts:

hilal66Ormas-Ormas Islam Perlu Duduk Bersama Atasi Perbedaan Hilal MUI Din Syamsuddin dan Ma'ruf AminMUI Pusat Bahas Bahaya Gerakan Radikal ISIS nahdlatul ulamaNU Persiapkan Ensiklopedia ketua-umum-pbnu-kh-said-aqil-siradj-beserta-sejumlah-_170711150717-486Pengurus NU Dilarang Salatkan Jenazah Koruptor

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*