Demi Palestina, Tim Olahraga Iran Menolak Berhadapan dengan Tim Israel

Tim sepakbola Iran berpartisipasi dalam Kompetisi Olahraga Buruh Dunia yang berlangsung di Lituania. Seperti dilansir situs ParsToday (15/6), setelah menang 9-1 atas tim dari Belgia, tim sepakbola Iran menolak maju ke babak selanjutnya karena berada dalam satu grup dengan dua tim dari Israel.

Sikap itu dilakukan sebagai bentuk penolakan terhadap rezim Zionis, demi membela perjuangan bangsa Palestina.

Pada kompetisi ini Iran menurunkan 19 tim dalam 11 cabang olahraga.

Sebelumnya, timnas tenis meja Iran juga menolak berhadapan dengan tim dari Israel pada pertandingan dunia Düsseldorf, Jerman.

Sikap serupa juga pernah ditunjukkan oleh Presiden pertama kita, Ir. Soekarno (Bung Karno) terhadap Israel. Dalam sebuah pertandingan olahraga, Bung Karno dengan lantang menentang kepesertaan Israel dan tidak mengundang Israel di Asian Games tahun 1962 yang berlangsung di Jakarta.

Atas sikap tegas Bung Karno itu, Komite Olimpiade Internasional (KOI) kemudian mencabut sementara keanggotaan Indonesia dalam organisasi tersebut. Tak kalah galak, Bung Karno lantas menyatakan Indonesia keluar dari KOI dan menggagas dibentuknya olimpiade tandingan dengan nama GANEFO (Games of a New Emerging Forces).

“Selama kemerdekaan bangsa Palestina belum diserahkan kepada orang-orang Palestina, maka selama itulah bangsa Indonesia berdiri menantang penjajahan Israel,” kata Bung Karno dalam pidatonya pada 1962 silam. (AM)

Related posts:

ali akbar salehiMenlu Iran Fatah-Hamas Mesra, Mimpi Buruk bagi Israel 131008164823PNS Palestina Terancam Tak Rayakan Idul Adha Viva PalestinaViva Palestina Mamilla CemeteryIsrael Ubah Makam Syuhada Menjadi Hotel

About admin