Bedah Buku Perjalanan Jiwa Menuju Akhirat

Dalam acara bedah buku karya Dr. Kholid Alwalid berjudul Perjalanan Jiwa Menuju Akhirat, di Jakarta, Senin (9/1), Akmal Kamil dalam sambutannya mengatakan bahwa bedah buku terbitan Sadra Pers yang sedang dibedah tersebut merupakan hasil Disertasi penulis di UIN Jakarta, sedangkan Sadra International Institute telah menerbitkan dua buku hasil disertasi.

“Dalam buku ini seolah kita diantarkan mendatangi kematian. Seakan kita tidak akan takut mati, akan tetapi kita akan menjemput kematian itu,” ujar Akmal.

Penulis buku, Kholid Alwalid menjelaskan ada tiga bidang keilmuan yang terlibat dalam penulisan bukunya ini yaitu; Teologi atau Ilmu Kalam yang seluruh agama meyakini kehidupan pasca kematian, Filsafat dalam kehidupan, yang itu dibuktikan secara rasional, Irfan atau Tasawuf terkait perjalanan mengenai proses kematian.

“Dalam Filsafat juga sedang menjadi perdebatan, manusia itu akan dibangkitkan ruhnya atau fisiknya,” tambah Kholid selaku penulis buku Perjalanan Jiwa Menuju Akhirat.

Dia lalu menyimpulkan pemikiran Mulla Sadra yang mencoba menggunakan dasar filsafatnya untuk membuktikan tentang adanya ma’ad.

Selain itu dijelaskannya juga tentang kiamat dan makna akhirat, yang dalam pandangan Mulla Sadra merupakan perjalanan progresif, saat semua orang “tersingkap” sehingga tidak ada pembatas antara dirinya dengan Allah.

“Masyarakat Indonesia juga perlu membaca secara luas tentang kematian, akan tetapi Mulla Sadra telah membuktikan tentang adanya kematian setelah kehidupan,” terang Kholid.

Salah seorang Dosen STFI Sadra, Ikhlas Budiman mengapresiasi terbitnya buku karya Kholid serta mengkritisi pemikiran Mulla Sadra mengenai teori jasmani kudus dan rohani baqa’.

“Buku ini bagus untuk mengajarkan, untuk mengenal diri kita, dengan konsep pemikiran Mulla Sadra, sekaligus membantu kita membaca realitas kehidupan,” kesan Ikhlas. (Zainuddin/Yudhi)

Related posts:

Dr. Kholid Al WalidNasib Filsafat Islam Klasik Kelas Filsafat SADRALebih Dekat Mengenal Filsafat Agus PurwantoDunia Islam Mesti Kembali Pada Filsafat Dubes-Mesir-IndonesiaAhmed El-Kewaisny: Mesir Belajar dari Indonesia

About admin