Bedah Buku Islam Tuhan, Islam Manusia

Universitas Nahdlatul Ulama Kalimantan Barat Melayu menyelenggarakan talkshow dan bedah buku Islam Tuhan, Islam Manusia; Agama dan Spiritualitas di Zaman Kacau” di aula Kementerian Agama, Sabtu, 18 Nov 2017.

Abdul Mukti, dosen IAIN Pontianak sekaligus Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Kalbar mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, talkshow dan bedah buku karya cendekiawan Muslim, Dr. Haidar Bagir, ini sangat dibutuhkan para pemuda zaman sekarang. “Sehingga para pemuda dapat mengkaji suatu permasalahan lebih mendalam dan mengkritisinya tanpa kekerasan,” ujarnya.

Khusus untuk buku “Islam Tuhan, Islam Manusia,” Abdul Mukti menyarankan agar buku yang mengajarkan toleransi dan cinta kasih ini dibaca oleh generasi muda. “Generasi muda harus kembali membangun praktisi literasi yang kuat, sehingga memiliki kekuatan untuk membaca realitas maupun kekuatan untuk memberi solusi-solusi terhadap permasalahan,” pungkasnya.

“Islam Tuhan, Islam Manusia” ini merupakan kumpulan tulisan-tulisan Dr. Haidar Bagir yang kemudian diterbitkan dalam sebuah buku. “Sebagai  sebuah pengingat karena saya akan memasuki usia 60 tahun,” ujar Haidar Bagir.

Dr. Haidar Bagir yang juga penggagas Gerakan Islam Cinta dalam buku yang diterbitkannya itu menawarkan pendekatan intra-Islam dengan bentuk penafsiran postmodernisme, relativisme mazhab, Islam Wasathiyah dan antaragama, peradaban, dan budaya dalam toleransi, hingga akhirnya menawarkan solusi bagi problem dunia dan ketunabudayaan berdasarkan pendekatan cinta ala sufisme. (M/Z)

893e9f5e-6915-4818-ad53-c0c4530f517f

Related posts:

Garuda PancasilaNegara dan Agama dalam Bingkai Pancasila Iedul Ghadir di PontianakPeringatan Iedul Ghadir di Pontianak 12295047_10204964528212978_198820946_oTantangan Islam Rahmatan Lil Alamin ahlulbait-indonesia-benderaSurat Edaran Dewan Syura Ahlulbait Indonesia terkait Pilkada Serentak

About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*