quran_and_ahlulbait_a_s_by_ypakiabbas-d4sq52u (1)

Apakah Ahlul Bait hanya milik orang Syiah ?

Tanya:Ustadz kenapa orang syiah itu selalu bilang ikut Ahlul Bait. Apakah Ahlul Bait itu hanya milik orang Syiah. Mohon pencerahan?

 

Jawab:

Ahlul Bait artinya keluarga. Ahlul Bait Nabi berarti keluarga Nabi. Allah menyebut Ahlul Bait Nabi sebagai manusia- manusia suci dan yang telah Allah hilangkan dari mereka segala nista. (Lihat Alquran surah 33:33)

Dalam banyak hadis Nabi memerintahkan umatnya untuk berpegang teguh kepada Ahlul Bait ini setelah ketiadaannya, sama seperti merek wajib berpegang teguh kepada Alquran. Hadis Nabi yang sangat populer tentang ini adalah hadis tsaqalain dimana beliau bersabda: “Kutinggalkan kepada kalian dua pusaka yang besar : pertama Kitab Allah dan kedua Itrah Keluargaku. Merek tidak akan pernah berpisah selama- lamanya sampailah mereka menemuiku kelak di telaga ( syurga).”

Memang Syiah secara tegas mendeklarasikan bahwa mereka ikut Ahlul Bait setelah Nabi Muhammad. Beda dengan Sunni yang tidak mengatakan secara tegas siapa yang diikutinya setelah wafatnya Rasulullah saw.

Hal ini karena perselisihan yang sangat serius terjadi antara Ahlul Bait dengan para sahabat setelah Nabi tiada. Seperti perselisihan antara Abubakar, Umar dan Usman dengan Imam Ali bin Abi Thalib. Atau perselisihan internal antara para sahabat sendiri seperti perselisihan antara Abubakar dan Malik bin Nuwairah atau antara Umar dan Khalid bin Walid dsb. Dan puncak perselisihan ini adalah terbunuhnya Usman bin Affan di tangan para sahabat yang mengepung rumahnya.

Ummat bingung. Terjadi perselisihan yang sangat hebat di awal periode Islam ini. Dan itu sudah dikatakan oleh Nabi. Itulah kenapa Nabi memerintahkan ummat ini untuk ikut Ahlul Bait karena Ahlul Bait adalah manusia-manusia suci yang tidak akan mengajak mereka kepada kepentingan pribadi atau kelompok. Tetapi benar-benar membawa mereka kepada apa yang dibawa oleh Rasulullah saw. Dalam hal ini Nabi bersabda: “perumpamaan Ahlul Baitku bagaikan bahtera Nabi Nuh. Yang ikut akan selamat dan yang enggan ikut akan tenggelam dan tersesat.”

Jadi Ahlul Bait itu bukan milik orang Syiah. Tetapi titipan Nabi untuk seluruh kaum Muslimin. Orang Syiah hanya berkomitmen untuk ikut mereka saja.

Wallahualam

About admin

One comment

  1. Bagaimana kami membedakan antara saat syiah melakukan taqiyah dan tidak? Saat anda menjelaskan sesuatu hal ttg agama, ttg syiah, bagaimana kami dpt yakin kalo anda saat itu tidak sedang melakukam taqiyah?