red-question-mark-circle-clip-art_428358

Apa Pandangan Anda Tentang Syiah

Tanya: Asww. Saya mau tanya, ada sebagian orang menyebut syiah dengan sangat sinis sehingga mereka berkata bahwa syiah itu adalah agama tersendiri. Mana yang benar agama syiah atau mazhab syiah?

 

Jawab:

Adalah fakta yang tak dapat diinkari bahwa orang-orang Islam ini terbagi kepada berbagai mazhab dan aliran. Baik itu dalam akidah, fikih maupun tasawuf.

Dalam hal akidah ada mazhab Asya’ari, Muktazlah, Maturidiah dan Syiah. Dalam hal fikih ada Hanafi, Maliki, Syafei, Syiah dll. Dalam hal tasawuf ada Naqsyabandi, Qadiriah dll,

Peebedaan mazhab artinya perbedaan pandangan dalam mengartikan nas al-Quran dan Hadis. Dan itu sah-sah saja selagi penafsiran itu berdiri di atas prinsip yang ilmiah, objektif dan bisa dipertanggung-jawabkan.

Problem biasanya muncul ketika ada pihak yang mengatakan bahwa penafsiran saya benar dan penafsiran orang lain salah; mazhab saya benar dan mazhab orang lain salah.

Dan itu pasti lambat laun akan melahirkan perpecahan bahkan peperangan sesama ummat Islam itu sendiri.

Yang mengatakan syiah sebagai agama dengan kata Agama Syiah datangnya dari kelompok ini. Kelompok takfiri. Mereka tidak mau tunduk pada fakta historis dan objektifitas ilmiah. Mereka menjadi kelompok yang arogan dan intoleran.

Adapun yang mengatakan syiah dengan kata Mazhab Syiah adalah mereka yang berpandangan ilmiah, objektif dan bermotifasi baik.

Apalagi kalau  kita lihat rukun-rukun prinsip dalam ajaran syiah adalah sama dengan prinsip ajaran ahlu sunnah wal jamaah. Allah mereka satu, Nabi mereka satu, kitab al-Quran mereka satu dan syareat mereka satu.

About admin