071229-glossy-space-icon-alphanumeric-question-mark

apa kriteria suatu aliran dianggap sesat atau tidak sesat

Tanya 6
Asww. Ust yang mulia. Akhir-akhir ini kita sering dengar istilah aliran sesat. Termasuk yang dikatakan sebagai aliran sesat itu adalah Syiah. Mohon saya diberikan pencerahan apa kriteria suatu aliran dianggap sesat atau tidak sesat. Terima kasih.

Jawab
Ini pertanyaan yang sangat penting untuk dijawab. Karena banyak orang yang hanya lata ketika mengatakan suatu aliran tertentu itu sesat atau tidak. Seperti aliran Syiah misalnya tidak sedikit orang yang hanya termakan isu mengatakan bahwa Syiah sesat tanpa mereka tahu sedikitpun apa itu Syiah dan apakah mazhab itu berdiri di atas dalil-dalil yang benar atau tidak.
Mengatakan sesat kepada suatu golongan haruslah berdasarkan dalil yang valid di sisi Allah dan di sisi Rasulullah saw. Tanpa itu maka bisa saja tuduhan kesesatan itu akan kembali kepadanya. Sebab yang tahu sessorang atau suatu golongan itu sesat atau tidak sesat hanya Allah dan Rasul-Nya. Selain dari itu maka siapa pun tidak punya hak untuk mengecap siapapun.
Apa kriteria kesesatan?
Aliran yang sesat adalah aliran yang benar-benar menentang Allah dan RasulNya. Sebab kriteria kebenaran hanya Allah dan Rasul saw.
Allah berfirman
الحق من ربك فلا تكونن من الممترين
“Kebenaran hanyalah yang datang dari Allah karena itu jangan kalian menjadi orang-orang yang ragu”
Tentang Rasulullah saw Allah berfirman:

وما آتاكم الرسول فخذوه وما نهاكم عنه فانتهوا

“Apa yang dibawa oleh Rasul maka harus kalian ambil dan apapun yang dilarang olehnya maka haruslah kalian menghindariny”
Pertanyaannya apakah mazhab syiah itu punya dalil dari Alquran dan hadis Nabi?
Syiah sebagai sebuah mazhab sama seperti Sunni atau salafi tidak punya dalil khusus dari Alquran. Tidak ada kata Ahlu Sunnah dalam Alquran sebagImana tidak ada kata mazhab syiah atau salafi dalam Alquran. Demikian juga dalam Hadis Nabi saw.
Yang ada adalah kata Ahlul Bait dan al-Qurba dalam Alquran dan hadis-hadis Nabi dimana kaum muslimin diwajibkan oleh Allah untuk mencintai mereka dan mengikuti mereka. Syiah adalah pengikut Ahlul Bait dan setia kepada mereka. Syiah mengikuti dan bermakmum kepada Ahlul Bait dalam segala hal baik itu akidah, fikih maupun dalam berdoa dan bermuamalah. Sebab Ahlul Bait adalah manusia-manusiia suci yang dijamin oleh Allah dan Rasulullah saw seperti yang bisa kita lihat dalam surah 33:33.
Masak ia sih mengikuti orang yang disucikan oleh Allah dalam Alquran dikatakan sesat.
Apakah orang-orang yang menuduh syiah itu sesat ada kriteria lain selain Alquran dan hadis Nabi.

About admin