ashro

Apa itu asyuro dan Karbala?

 Tanya:  Apa itu asyuro dan Karbala? Sebagian bilang bahwa pada hari asyuro Nabi Ibrahim selamat dari unggun api raja Namrud. Nabi Musa selamat dari kejaran Firaun? Apa memang gitu ustadz?

 

Jawab:

Asyuro artinya kesepuluh. Ia berasal dari kata asyroh yang artinya sepuluh. Istilah asyuro populer karena sebuah peristiwa yang maha besar yang terjadi dalam sejarah Islam pada tanggal 10 Muharram. Itulah peristiwa Karbala yang terjadi pada tanggal10 Muharram tahun 61 H. Dimana Imam Husain bin Ali bin Abi Thalib dari pasangan Siti Fatimah ax-Zahra binti Muhammad saw gugur syahid dalam keadaan yang paling mengenaskan bersama keluarga dan sahabat-sahabatnya. Itu yang pasti dan telah terbukti secara historis.

Ada pun peristiwa lain yang konon Nabi Ibrahim selamat dari unggun api raja Namrud atau Nabi Musa selamat dari Firaun, semua itu tidak bisa dibuktikan kebenarannya secara historis maupun secara ilmiah riwaiyyah.

Riwayat-riwayat tentang itu lebih berwarnaa israiliyat alias umawiyat. Mereka menyebut Asyuro sebagai hari kemenangan sep menangnya Ibarahim atas Namrud atau menagnya Musa atau Firaun. Sebenarnya secara tidak langsung mereka berkata bahwa hari itu adalah hari kemenangan Yazid ke atas Husain cucunda Nabi saw.

Banu Umayah berpesta pora dan bersenang- senang pada hari ke 10 Muharram. Karena mereka anggap sebagai hari kemenangan YaZid bin Muawiyah ke atas Husain cucu Nabi saw.

Ahlul Bait menjadi kan hari itu sebagai hari duka lantaran hampir semua ahlul bait gugur di jalan Allah.

About admin